Sabtu, 24 April 2010

Universitas usrabaya kampus hijau(Hubble Potret Pohon Natal Ruang Angkasa)

Teleskop luar angkasa Hubble berhasil menangkap pemandangan menarik pada saat musim liburan Natal ini, dan beberapa mengatakan foto gugusan bintang yang terekam mirip rangkaian lingkaran bunga, pohon Natal atau Sinterklas.
Observarium itu meneliti sekumpulan bintang muda yang disebut R136, yang umurnya hanya beberapa juta tahun dan berada di 30 Nebula Doradus, sebagai bagian satelit di galaksi Milky Way, yang disebut Awan Magellan Besar.
Dalam hasil foto tersebut, ratusan bintang biru bercahaya di kelilingi oleh cincin gas panas, memancarkan debu awan berwarna oranye. Jepretan berwarna-warni membentuk karangan bunga raksasa dahan pinus, penuh dengan perhiasan berkilau. Karena terletak di tengah kegelapan sehingga bayangan tersebut menghasilkan siluet pohon Natal.
Jika diputar 90 derajat arah jarum jam, gambar tersebut secara tiba-tiba membuat tampilan wajah dan jenggot Santa Klaus.
Tidak ada yang tahu apakah pemandangan surga ini terkait dengan musim yang sedang terjadi di bumi, tetapi bagi ilmuwan memberikan pelajaran yang berharga.
Gambar ini diambil dengan sinar ultraviolet, terlihat dengan jelas dalam cahaya merah oleh kamera raksasa Hubble 3 dan mampu menjangkau sejauh 100 tahun cahaya. Satu tahun cahaya adalah jarak cahaya menempuh 6 triliun mil (10 triliun km) dalam satu tahun.
Banyak sekali bintang muda yang sangat terang di angkasa ternyata berukuran besar, dengan perkiraan 100 kali lebih besar daripada matahari. Bintang muda yang sangat kuat mengeluarkan cahaya ultraviolet dan memancarkan partikel energi yang disebut angin bintang, yang mengukir banyak rongga di awan gas hidrogen.
Dan sebagai hukum alam, kelahiran dan kematian adalah hal yang wajar. Ketika angin membentur dinding gas, mereka menyebabkan guncangan, yang akan memicu kelahiran bintang baru. Sementara bintang progenitor raksasa adalah yang paling pendek umurnya, meledak di angkasa dalam bentuk supernova layaknya percikan kembang api

1 komentar: