Jumat, 23 April 2010

Universitas surabaya kampus hijau(Peraih Nobel Diprotes Sesama Ilmuwan)

Mantan kolega fisikawan Kanada yang baru-baru ini dianugerahi Hadiah Nobel mengatakan Royal Swedish Academy of Sciences telah membuat kesalahan besar.
Willard Boyle dan George Smith mendapat Nobel untuk karyanya di bidang sensor gambar yang merevolusi fotografi. Tetapi dua dari mantan rekan kerja di Bell Labs di New Jersey, Eugene Gordon dan Mike Tompsett mengatakan penghargaan itu salah.
Gordon yang bekerja di Bell Labs selama 26 tahun mengatakan paten yang ada, digunakan untuk membenarkan penghargaan. Tetapi tidak bisa mengklaim penemuan CCD untuk pencitraan.
CCD mengubah cahaya ke sejumlah besar poin gambar digital atau piksel, dalam hitungan detik. Hari ini, perangkat itu digunakan di kamera digital, camcorder dan teleskop bertenaga tinggi. Gambar menakjubkan dari Teleskop Ruang Angkasa Hubble dan Mars Rovers juga datang dari CCD.
Tapi kata Gordon, Boyle dan Smith tidak banyak berhubungan dengan terobosan ilmiah.
“Paten Smith dan Boyle adalah untuk sesuatu yang disebut CCD sebagai register geser, yang tidak menyebutkan pencitraan,” kata Gordon.
"Saya pikir mereka membuat kesalahan," kata Gordon. "Itu benar-benar salah rujukan, mereka tidak ada hubungannya dengan penemuan alat pencitraan."
”Gordon, seorang ahli fisika dari New York dengan daftar panjang paten dan penghargaan kepada namanya seharusnya akademi memberi penghargaan kepada kolega lain,” ujar Mike Tompsett, juga dari Bell Labs.
Tompsett adalah salah satu pihak yang bertanggung jawab untuk merancang dan membangun dua kamera CCD di Bell Labs, dan namanya ada pada paten untuk alat tersebut.
Gordon, CEO perusahaan perangkat medis Germgard Lighting, mengatakan ia menulis kepada komite Hadiah Nobel tapi panitia tidak melakukan apa pun.
"Banyak orang mendapatkan hadiah dan menonjol untuk hal-hal yang mereka tidak melakukannya," katanya. "Atasan sering mendapatkan kredit untuk hal-hal yang tidak ada hubungannya dengan mereka."
Boyle adalah bos Gordon dan kepala laboratorium mereka pada waktu itu.
Sementara Boyle ia ingin tetap berada di luar kontroversi. "Aku benar-benar yakin bahwa komite Nobel membuat keputusan yang tepat," katanya.
"Saya dapat dengan jelas ingat George Smith dan saya mengembangkan konsep untuk CCD. Itu sangat jelas dalam pikiran saya,” ujar Boyle.
Akademi Swedia tidak dapat dihubungi untuk memberikan komentar karena tertutup selama musim liburan.
Tompsett mengatakan bahwa Boyle dan Smith pantas mendapatkan kredit untuk konsep asli mereka, tetapi ia bersikeras mereka menuju ke arah yang salah menyangkut pengembangan teknologi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar